Cara Membuat Email Baru

Cara Membuat Email Baru-Belum mengerti bagaimana pembuatan email, mungkin cukup menghambat banyak orang dalam pekerjaan. Pasalnya, hampir semua aktivitas yang dilakukan, entah itu sekolah atau pekerjaan, harus menggunakan email. Maka dari itu, cara membuat email harus kamu ketahui agar aktivitasmu bisa lancar.

Surat elektronik yang lazim dikenal dengan email, memungkinkan penggunanya mengirim surat hanya dengan bermodalkan koneksi internet. Saat ini, email hampir menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang.

Jika dulu berkirim surat harus lewat kantor POS, maka sekarang dengan modal internet serta perangkat smartphone, laptop, ataupun komputer, semua orang bisa bertukar kabar atau mengirim surat, dokumen, maupun berkas resmi. Sederhananya, banyak aktivitas yang bisa dipermudah jika menggunakan email.

Tentu saja, cara membuat email adalah langkah pertama untuk mendapatkan berbagai kemudahan tersebut. Jika kamu ingin segera mengerti cara pembuatannya, simak artikel ini hingga selesai, ya.

Mengapa Harus Membuat Email?

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa seseorang atau bahkan perusahaan harus memiliki alamat email? Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa hal tersebut sangat dibutuhkan. Apalagi bagi kalangan profesional dan untuk kebutuhan perusahaan. Beberapa alasan ini mungkin bisa menjawabnya:

  1. Memiliki Semua Produk yang Disediakan oleh Email

Alasan pertama, tentu saja untuk bisa mengakses semua produk yang dimiliki. Misalnya saja, penggunaan Gmail. Ketika seseorang atau perusahaan menggunakan Gmail, maka otomatis seluruh produk Google bisa diakses.

Ada beberapa produk Google yang bisa kamu akses. Semuanya, memang khusus dibuat untuk produktivitas. Misalnya saja, Google Docs, Google Drive, Google Calendar, Google Sheets, Google Maps, dan banyak lagi.

Tanpa email, kamu tidak bisa menggunakan semua produk yang disediakan. Tentu saja, hal tersebut akan mempengaruhi produktivitasmu. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki email sendiri maupun perusahaan.

  1. Layanan Gratis

Siapa yang tidak ingin layanan produktivitas gratis? Mungkin hanya orang tertentu saja yang tidak ingin. Tapi, semua layanan dari pembuatan hingga seluruh produk yang dimiliki, tidak dipungut biaya sepeserpun. Maka dari itu, email sangat penting untuk dibuat dan juga dimiliki.

  1. Pengelolaan Lebih Rapi

Alasan lainnya mengapa individu atau perusahaan harus punya email adalah pengelolaan bisa lebih rapi. Dalam email yang digunakan, ada fitur label, folder, dan fitur pengelolaan lainnya. Maka dari itu, kamu bisa mengatur tampilan serta susunannya jadi lebih rapi lagi.

  1. Punya Kapasitas Besar

Jika kamu membuat alamat email baru, kamu akan disediakan kapasitas penyimpanan. Biasanya, penyedia alamat email akan memberikan kapasitas yang besar. Misalnya saja, Gmail. Bagi pengguna Gmail baru, kapasitas yang disediakan sebesar 15GB. Dengan kapasitas tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Kalaupun masih kurang, masih ada layanan penambahan kapasitas. Harganya bervariasi tergantung dengan berapa kapasitas yang ingin kamu tambahkan.

  1. Sinkronisasi

Alasan lainnya mengapa pembuatan email perlu dilakukan, yakni sinkronisasi. Misalnya, kamu memiliki file yang ada di Google Drive. Lalu, kamu ingin membukanya di perangkat lain. Maka, file yang ada di Google Drive milikmu juga bisa dibuka di perangkat lain.

Selain itu, sinkronisasi juga berarti bahwa semua data misalnya history dan bookmark, juga akan terhubung walaupun kamu menggunakan perangkat yang berbeda.

Bagaimana? Sudah tahu alasan mengapa alasan email memang harus dibuat? Jika iya, mari lanjutkan pembahasan pada cara membuat email yang selain simpel, gratis, juga mudah untuk dilakukan.

cara membuat email
cara membuat email

Cara Membuat Email di HP

Tak bisa dipungkiri, saat ini banyak orang yang menghabiskan waktunya di smartphone. Jika kamu terlalu malas untuk membuka komputer atau laptop, kamu masih bisa membuat email melalui telepon genggam milikmu.

Biasanya, ada aplikasi email yang sudah menjadi bawaan smartphone, yakni aplikasi Gmail. Tapi, jika kamu belum memilikinya, silakan download Gmail terlebih dahulu lewat Play Store. Jika sebelumnya kamu sudah memiliki alamat email, silakan klik foto profil yang letaknya ada di sebelah kanan atas.

Setelah itu, klik Tambahkan Akun Lainnya. Kemudian, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini jika ingin membuat email baru:

  • Silakan buka Gmail terlebih dahulu.
  • Klik Lewati pada layar awal yang muncul.
  • Setelah itu, klik Tambahkan Alamat Email.
  • Kemudian, pilih Google.
  • Setelahnya, pilih opsi Buat Akun.
  • Kamu bisa memilih untuk Diri Sendiri atau Anak Saya.
  • Kemudian, isilah beberapa data diri seperti Nama, Tanggal Lahir, dan juga Gender.
  • Jangan lupa untuk klik tombol Berikutnya setiap selesai mengisi data.
  • Silakan pilih Alamat untuk akun Gmail. Silakan pilih saran dari aplikasi atau tentukan alamat sendiri.
  • Kalau bisa login menggunakan nomor telepon, maka klik Gunakan nomor telepon lalu silakan isi nomor telepon milikmu.
  • Klik Berikutnya.
  • Silakan buat sandi yang tidak terlalu rumit namun berisikan kombinasi yang kuat. Kombinasikan simbol, huruf, dan juga angka.
  • Biasanya, kata sandi bisa ditampilkan dengan mengklik atau centang Tampilkan Sandi.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk menambahkan Nomor Telepon. Pilih Ya, Saya Ikut jika memberikan Google izin untuk mengankses nomor telepon milkmu.
  • Pilih Lewati jika kamu tidak ingin menyertakan nomor telepon.
  • Kemudian, kamu bisa klik Tinjau Info Akun. Lalu klik Berikutnya. Kemudian, langsung saja klik Privasi dan Persyaratan.
  • Lalu, halaman email baru milikmu akan muncul. Silakan pilih Bawa Saya ke Gmail.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika ingin membuat alamat email lewat smartphone.

cara membuat email

Cara Membuat Email di Laptop dan Komputer

Selain menggunakan smartphone, kamu juga bisa menggunakan laptop ataupun komputer untuk membuat email. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan yakni sebagai berikut:

  • Silakan buka halaman  https://www.google.com/gmail/ lewat browser yang kamu gunakan.
  • Setelah itu, klik Buat Akun yang letaknya berada di bagian kanan atas.
  • Kemudian, isilah informasi mengenai Nama Depan, Nama Belakang, dan alamat email sesuai dengan yang diinginkan.
  • Silakan gunakan kombinasi huruf serta angka untuk membuat alamat email. Kamu juga bisa menggunakan saran alamat email dari Google.
  • Ketika berhasil membuat alamat email, langkah selanjutnya yakni dengan membuat password yang ingin kamu gunakan.
  • Silakan kombinasikan password agar cukup kuat. Setelah itu, klik Berikutnya.
  • Kemudian, kamu akan diminta mengisi nomor telepon untuk melakukan verifikasi. Harap diingat, satu nomor telepon hanya bisa digunakan untuk satu alamat email saja.
  • Ketika selesai melakukan verifikasi, kamu akan diminta untuk mengisikan informasi mengenai tanggal lahir, bulan, dan juga tahun.
  • Kemudian, halaman Privasi dan Persyaratan akan muncul.
  • Silakan scrool ke arah bawah dan klik Saya Setuju.
  • Selesai, alamat email yang kamu buat sudah bisa digunakan.

Jadi, dua cara di atas bisa kamu gunakan untuk membuat email. Silakan pilih cara mana yang menurutmu mudah untuk dilakukan. Setelah selesai mendaftar atau membuat email, kamu sudah bisa menggunakan email tersebut untuk mengirim, menerima, mengatur, dan menyimpan surat.

Akhir Kata

Agar akun kita aman, maka kita bisa menggunakan dua verifikasi yaitu dengan nomor kita. Sehingga setiap kita login, maka akan mengirimkan notifikasi lewat nomor kita. Semoga serangkaian langkah dari kaltimtuntas.id mengenai membuat email yang dituliskan bisa membantu.

Leave a Comment