Cara Menghapus Cache di iPhone

Jika kamu merupakan pengguna iPhone, mungkin saat ini kamu sedang kesal karena memori penyimpanan sudah terlalu penuh. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh cache yang menumpuk. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara menghapus cache di iPhone agar memorimu kembali punya ruang.

Penuhnya memori penyimpanan pada iPhone milikmu, mungkin bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, iPhone memang memiliki slot memori tidak sebanyak smartphone lainnya. Ketika memori penuh, mungkin kamu akan uninstall beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Selain itu, mungkin kamu juga akan menghapus beberapa file yang tidak penting. Padahal, masih ada cara lain tanpa menghapus file ataupun aplikasi yang ada di iPhone milikmu. Agar ada sedikit ruang di penyimpanan iPhone, kamu bisa menghapus cache yang ada di dalamnya.

Kalau kamu belum mengetahui cara menghapus cache di iPhone, silakan simak langkah-langkah yang akan kaltimtuntas.id bagikan di bawah ini.

apa itu cache

Apa Itu Cache?

Sebelum mengetahui bagaimana langkah untuk menghapus cache yang ada di iPhone, sedikit pemahaman tentang cache mungkin bisa membantumu. Jika kamu belum mengetahuinya, cache merupakan data sampah yang memang harus dibuang.

Sebenarnya, cache sangat bermanfaat agar loading untuk membuka aplikasi, website, situs, dan lain sebagainya bisa lebih cepat. Namun, jika terlalu menumpuk, cache akan menghabiskan penyimpanan yang ada di perangkat milikmu.

Manfaat Cache

Mungkin masih belum banyak yang mengetahui. Cache yang ada, juga memiliki manfaat. Adapun manfaat utama dari cache yakni bisa membuat browser maupun aplikasi jadi lebih efisien dan cepat. Hal tersebut terjadi lantaran sistem yang akan menyimpan data lokal.

Akhirnya, kamu tidak perlu mengulan permintaan data secara berulang-ulang terhadap website ataupun aplikasi yang pernah kamu gunakan. Selain itu, cache juga bermanfaat untuk menambah traffic dan konversi. Semakin cepat website dibuka, maka pengguna juga lebih mudah untuk mengakses dan menggunakan website terkait.

Haruskan Cache Dihapus?

Jika ingin menanyakan hal ini, tentu saja masih tergantung dengan pertanyaan apakah perangkat milikmu bisa menampungnya atau memorinya sudah terlalu penuh. Jika dalam kondisi perangkat masih memiliki banyak ruang, mungkin cache bisa sangat berguna untuk loading yang cepat.

Sedangkan jika cache sudah memenuhi penyimpanan dan membuat perangkat milikmu melambat, maka langkah yang tepat adalah dengan menghapusnya. Tidak akan ada masalah atau dampak dari dihapusnya cache seperti kehilangan data dan lain sebagainya.

Jadi, kamu bisa tenang karena penghapusan cache tidak akan berdampak apa-apa terhadap perangkat yang kamu gunakan.

menghapus cache di iPhone
menghapus cache di iPhone

Cara Menghapus Cache di iPhone

Mungkin, kamu sudah memutuskan untuk menghapus cache yang ada di iPhone. Hal ini berarti saat ini, penyimpanan yang ada di iPhone milikmu sudah terlalu penuh. Atas hal ini, biasanya iPhone yang digunakan mengalami penurunan performa. Maka dari itu, tak heran jika kamu memilih untuk menghapus data cache.

Sebenarnya, ada cara yang mudah untuk menghapus cache, yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Aplikasi tersebut biasanya berjenis aplikasi cleaner yang khusus dirancang untuk membersihkan file-file sampah yang ada di perangkat smartphone.

Tapi di artikel ini, kamu akan mendapatkan bagaimana cara menghapus cache di iPhone tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Agar tidak semakin penasaran, silakan pilih salah satu dari beberapa cara yang disediakan berikut ini:

Menghapus Cache di iPhone via Browser Safari

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghapus cache di iPhone lewat browser Safari. Pengguna iPhone pasti sudah sangat mengenal browser ini lantaran ia merupakan browser bawaan yang dimiliki iPhone. Browser ini juga cukup populer. Pasalnya, user interface yang disediakan memang cukup menarik.

Nah, cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache yang ada di iPhone adalah dengan menggunakan Safari. Berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Silakan buka menu Settings yang ada di iPhone.
  • Kemudian, silakan scroll down hingga kamu menemukan browser Safari.
  • Setelah itu, di bawah tab Privacy & Security, silakan klik Clear History & Website Data.
  • Nantinya, kamu akan ditampilkan Pop-Up. Kemudian, klik saja Clear History & Data agar cache yang ada di dalamnya bisa terhapus.
  • Hanya dengan langkah-langkah di atas, cache yang ada di iPhone milikmu akan terhapus. Kemudian, memori yang ada di iPhone-mu bisa sedikit lega untuk ‘bernafas’.

Menghapus Data Cache di iPhone Lewat File Data Aplikasi

Selain menggunakan Safari, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menghapus data cache. Kamu juga bisa menghapus cache file data aplikasi. Tentu saja, cara ini bisa bermanfaat untuk membuang data cache yang ada dalam iPhone. Kemudian, akan membuat penyimpanan di dalamnya jadi lebih longgar.

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan yakni sebagai berikut:

  • Langkah pertama yakni dengan memilih menu Settings.
  • Kemudian, silakan pilih menu General.
  • Setelah itu, silakan klik iPhone Storage.
  • Ketika sudah terbuka, kamu akan ditampilkan berbagai pilihan aplikasi yang ada di iPhone milikmu.
  • Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai informasi secara detail dari seluruh aplikasi yang ada di iPhone.
  • Ada informasi mengenai kapasitas aplikasi hingga kapan terakhir kali kamu menggunakannya.
  • Setelah itu, silakan pilih beberapa aplikasi yang menghabiskan banyak ruang dalam penyimpanan.
  • Klik aplikasi tersebut.
  • Lalu, klik Offload App.
  • Di lama pop-up, kamu juga bisa langsung klik Offload App agar bisa menghapus aplikasi tersebut.

Memang, dengan fitur Offload App akan menghapus aplikasi yang jarang kamu gunakan secara otomatis. Tapi kamu tak perlu khawatir. Data serta dokumen dari aplikasi tersebut masih tersimpan. Kamu masih bisa menggunakannya lagi jika aplikasi sudah diinstal kembali.

Jika kamu ingin menentukan penghapusan aplikasinya sendiri, silakan gunakan cara di atas dengan cara mengklik pengaturan dari aplikasinya. Dengan cara ini, cache yang ada di iPhone milikmu juga akan terhapus. Hasilnya tentu saja, penyimpanan iPhone bisa menjadi lebih longgar.

Baca juga: Cara Share Screen di Zoom

Menghapus Cache iPhone dengan Restart

Ini adalah langkah paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menghapus cache yang menggangu dan memberatkan iPhone dengan merestart perangkat. Tapi, ada serangkaian perbedaan cara restart pada beberapa generasi iPhone. Silakan lakukan restart sesuai dengan perangkat iPhone generasi ke berapa yang digunakan.

Jika ingin mengetahui bagaimana cara restart iPhone, silakan simak beberapa langkah berikut ini, ya.

  • Langkah pertama, kamu bisa langsung menekan tombol Sleep/Wake selama beberapa detik.
  • Setelah itu, kamu akan ditampilkan menu berupa Slide to Power Off.
  • Silakan geser menu virtual tersebut. Nantinya iPhone akan mati dengan sendirinya.
  • Setelah itu, silakan nyalakan kembali dengan cara menekan tombol Sleep/Wake beberapa detik.
  • Selamat, data cache yang ada di iPhone milikmu akan terhapus secara otomatis.

Dengan cara ketiga ini, memori atau penyimpanan dari iPhone milikmu akan sedikit lega karena data cache akan terhapus secara otomatis. Jadi sekarang, iPhone milikmu bisa bekerja dengan performa otimalnya lagi.

Akhir Kata

Itulah serangkaian informasi mengenai cache sekaligus bagaimana cara menghapus cache di iPhone yang bisa kamu lakukan. Silakan pilih cara mana yang ingin digunakan atau kamu bisa menggunakan tiga cara di atas sekaligus. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment