Contoh Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup, atau yang dikenal dengan CV menunjukkan data pribadi seseorang dan biasanya digunakan untuk melamar kerja. Dalam CV biasanya tertulis beberapa informasi penting, seperti data diri, pendidikan, pengalaman magang, organisasi, hingga keterampilan.

Bagi yang belum berpengalaman, mungkin membuat CV tidaklah mudah. Di ulasan ini, ada contoh daftar riwayat hidup sebagai referensimu untuk membuat CV.

Informasi Dalam Daftar Riwayat Hidup

Ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan ketika membuat daftar riwayat hidup ini. Seperti memberikan informasi yang selengkap mungkin, dan jangan menggunakan bahasa yang alay atau terkesan bertele-tele. Adapun data yang harus anda masukan ialah sebagai berikut.

Data Diri

Informasi pertama yang harus ada dalam daftar riwayat hidup adalah data diri, mencakup identitas pribadi, seperti nama, alamat, nomor handphone, dan alamat email. Tidak perlu menambah atau mengurangi informasi terkait data diri, karena data tersebut perlu divalidasi dengan dokumen lain, seperti KTP, ijazah terakhir, dan SIM.

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang meminta calon pelamar untuk mencantumkan nama akun media sosial. Hal ini biasanya bertujuan untuk mengecek jejak digital calon karyawan. Jadi sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial ya.

Pendidikan

Informasi berikutnya yang perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah riwayat pendidikan. Ini merupakan sangat penting dan seering menjadi alasan yang utama perekrut setelah data diri dalam menyeleksi CV. Kamu sebenarnya tidak perlu mencantumkan pendidikan dari SD, cukup cantumkan pendidikan terakhir, lengkap dengan nama instansi, jurusan, tahun kelulusan, dan IPK.

Pengalaman

Setelah menuliskan pendidikan, tuliskan pengalamanmu, baik itu pengalaman kerja, magang, atau organisasi yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Hindari menambahkan pengalaman yang tidak valid, karena akan fatal akibatnya saat dilakukan pengecekan. Kalau kamu merupakan fresh graduate, maka pengalaman organisasi akan sangat membantu meningkatkan nilai CV-mu.

Keterangan Tambahan

Keterangan tambahan ini dapat anda isi dengan skill yang anda miliki. Sebagai contoh kamu mempunyai kemampuan membuat desain, maka kamu bisa menyebutkan skill ini dan aplikasi yang dikuasai. Kamu juga bisa menambahkan ditempat mana saja atau kursus apa saja yang sudah anda jalani.

contoh daftar riwayat hidup melamar pekerjaan

Beberapa Jenis Daftar Riwayat Hidup

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis CV sesuai dengan kegunaannya, dan tidak hanya dibutuhkan oleh mahasiswa atau fresh graduate yang akan melamar kerja atau magang. Pada dasarnya, CV juga bisa digunakan untuk keperluan akademik, seperti mendaftar beasiswa, mendaftar kuliah, selain untuk melamar kerja. Beda tujuan, tentu beda juga informasi yang dicantumkan dalam CV. Berikut ini jenis-jenis daftar riwayat hidup yang sesuai kebutuhanmu di setiap jenjang pendidikan.

Daftar riwayat hidup untuk siswa SMA

Beberapa beasiswa kuliah seringkali meminta daftar riwayat hidup sebagai salah satu persyaratannya. Berikut beberapa informasi yang perlu dicantumkan dalam CV siswa SMA yang ingin mendaftar untuk beasiswa kuliah.

Data Diri

Data diri yang perlu dituliskan, antara lain nama lengkap, alamat tempat tinggal, kontak yang bisa dihubungi, dan alamat e-mail. Terkadang ada beasiswa yang meminta informasi tambahan, misalnya tinggi badan, berat badan, dan golongan darah.

Riwayat Pendidikan

Di bagian ini, kamu tidak perlu menuliskan pendidikan dari TK atau SD. Kamu hanya perlu mencantumkan asal SMA dan jurusan yang kamu ambil.

Prestasi

Kamu pernah menjadi juara lomba pidato atau debat tingkat provinsi? Atau kamu juga pernah menjadi juara OSN? Kamu bisa menuliskan semua prestasi itu dalam daftar riwayat hidupmu. Bagaimanapun, penyelenggara beasiswa akan senang kalau menemukan pendaftar yang mempunyai banyak prestasi, jadi kesempatan untuk diterima beasiswa semakin besar. Meski demikian, tuliskan prestasi yang relevan dengan beasiswa yang kamu dipilih.

Pengalaman Organisasi

Selain prestasi, pengalaman organisasi juga bisa menjadi nilai tambah saat mendaftar beasiswa. Akan lebih baik juga kalau kamu menyertakan bukti berupa sertifikat atau piagam.

Referensi

Terkadang ada beasiswa yang memintamu untuk mencantumkan referensi dari guru atau pembimbing yang mengerti kualifikasi yang kamu miliki. Kamu bisa menghubungi guru terkait untuk meminta izin mencantumkannya sebagai referensi.

Daftar riwayat hidup untuk siswa SMK

Siswa SMK juga harus mengetahui cara membuat CV yang bagus, baik untuk mendaftar kerja maupun melanjutkan pendidikan. Informasi yang perlu dimasukan ke dalam CV SMK sama dengan CV untuk siswa SMA, namun kamu bisa menambahkan beberapa informasi berikut.

Keterampilan terkait

Kamu lulusan SMK Teknik Otomotif? Jangan lupa cantumkan keterampilanmu terkait otomotif di daftar riwayat hidup. Kamu lulusan SMK Tata Boga? Cantumkan juga keterampilanmu di bidang food and beverage di daftar riwayat hidup. Keterampilan mumpuni di bidang yang spesifik akan memperbesar peluang untuk dipanggil interview.

Pengalaman PKL atau magang

Pengalaman magang atau praktik kerja lapangan juga mampu meningkatkan nilai daftar riwayat hidupmu. Tentunya hanya tuliskan pengalaman PKL atau magang yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Daftar riwayat hidup untuk mahasiswa dan fresh graduate

Pada umumnya, informasi dalam CV untuk mahasiswa maupun fresh graduate sama dengan CV untuk siswa SMA atau SMK dengan informasi tambahan berikut.

Pengalaman kepanitiaan dan relawan

Selain pengalaman kerja atau organisasi, kamu bisa menuliskan pengalaman kepanitiaan atau kegiatan relawan ke dalam CV. Pengalaman tersebut juga bisa menjadi nilai tambah pada CV dan memperbesar peluang untuk dipanggil wawancara kerja.

Karya Ilmiah, Paper, dan Publikasi

Kalau kamu pernah menulis karya ilmiah atau memiliki publikasi di jurnal yang reputasinya baik, kamu bisa mencantumkan semua itu di CV. Hal itu akan sangat berguna, terlebih kalau CV-mu ditujukan untuk kepentingan akademis.

daftar riwayat hidup

 

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh di CV

Bukan hanya menuliskan informasi, namun ada beberapa hal yang perlu dan tidak perlu dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Yuk perhatikan hal-hal di bawah ini agar daftar riwayat hidupmu jadi lebih menarik.

Boleh: Cantumkan personal statement

Personal statement ditulis pada bagian atas CV untuk mendeskripsikan dirimu secara singkat. Personal statement biasanya berisi tentang minat terbesar dan keterampilan andalanmu, terutama yang berkaitan dengan bidang yang sedang dilamar.

Jangan: Informasi pribadi yang kurang relevan

Informasi pribadi seperti nama lengkap, domisili, nomor telepon, alamat email, dan akun media sosial yang relevan memang perlu dicantumkan dalam CV. Informasi lainnya, seperti tanggal lahir, agama, suku, atau status pernikahan sebenarnya tidak termasuk informasi pribadi yang perlu dicantumkan dalam CV.

Boleh: Tuliskan informasi pendukung yang sesuai

Perhatikan lagi posisi dan pekerjaan yang ingin dilamar, kemudian tulis keterampilan dan pencapaian yang sekiranya dibutuhkan untuk posisi dan pekerjaan tersebut. Sebagai contoh, kalau kamu mendaftar sebagai pembuat konten media sosial, kamu bisa menuliskan keterampilan conten writing, edit foto, atau edit video. Kalau kamu pernah menjadi staf publikasi dan dokumentasi saat kuliah, kamu juga bisa mencantumkan itu.

Jangan: Terlalu banyak menuliskan informasi yang tidak relevan

Kalau kamu memiliki banyak prestasi, kamu sebenarnya tidak perlu mencantumkan semuanya di CV. Sekali lagi, cukup tuliskan pengalaman yang relevan. Tidak mungkin bukan kamu menuliskan menang lomba makan kerupuk untuk mendaftar ke posisi staf marketing?

Boleh: Mengukur keterampilan dan pencapaian

Akan lebih baik kalau kamu mengukur keterampilan dan pencapaian dalam pengalaman yang kamu cantumkan. Contohnya, kamu pernah bertugas sebagai divisi ticketing acara pensi sekolah dan berhasil menjual 70% dari kuota tiket dalam waktu 2 minggu. Kamu bisa menuliskan itu juga dalam daftar riwayat hidupmu.

Jangan: Tidak detail dan jelas

Sebaiknya hindari penggunaan kalimat yang menggantung, seperti mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Kamu bisa menuliskan contoh nyata terkait keterampilan tersebut dan bagaimana kamu melatihnya.

Boleh: Maksimal 2 halaman

Daftar riwayat hidup tidak perlu terlalu panjang, maksimal 2 halaman saja. Hal ini akan membantu perekrut untuk memeriksa poin-poin penting yang patut menjadi pertimbangan di CV kamu.

Jangan: Terlalu panjang karena informasi yang tidak relevan 

Kalau kamu menuliskan terlalu banyak info yang tidak relevan dan membuat CV-mu terlalu panjang, itu hanya akan membuat perekrut malas membaca CV-mu.

Boleh: Cantumkan informasi sebenarnya

Sesedikit apa pun pengalaman kamu di bidang tertentu, tidak menjadi masalah asalkan itu relevan dan jujur. Hal yang lebih penting adalah kamu bisa mempresentasikan dengan baik saat wawancara dan menerapkan di dunia kerja.

Jangan: Menuliskan informasi palsu 

Menuliskan keterampilan dan pencapaian palsu justru bisa menjadi bumerang untuk dirimu sendiri. Mulai dari kesulitan untuk menerapkan ilmu itu, hingga di-blacklist ketika kamu ketahuan menuliskan informasi palsu.

Boleh: Desain yang menarik tapi tidak berlebihan

Aturan sederhana dalam membuat daftar riwayat hidup adalah jenis font maksimal 2, latar belakang tidak bertabrakan dengan warna font, dan spasi minimal 1.5.

Jangan: Susun CV sesuai dengan tipe industri dan perusahaan yang ingin dituju

Pembuatan daftar riwayat hidup sebaiknya disesuaikan dengan industri dan perusahaan yang ingin dituju. Jadi lakukan riset terlebih dahulu ke perusahaan tujuanmu sebelum melamar pekerjaan di sana ya.

Jangan: Mengirimkan CV sama untuk banyak pekerjaan

Selama beberapa pekerjaan yang kamu lamar itu relevan, sebenarnya kamu bisa menggunakan CV yang sama untuk melamarnya. Tapi kalau jenis pekerjaannya berbeda, maka usahakan kirim CV yang berbeda juga.

Boleh: Gunakan bahasa dan istilah yang formal dan mudah dimengerti

Bagaimanapun, CV itu kamu gunakan untuk tujuan resmi, maka gunakanlah bahasa yang formal, namun tetap mudah dimengerti. Dengan demikian, kamu tampak profesional dan serius dalam mengajukan lamaran.

Boleh: Menggunakan foto yang pantas, jika dibutuhkan

Mencantumkan foto dalam CV memang bukan suatu kewajiban, tapi kamu tetap bisa melakukannya. Fotonya tidak harus foto resmi dengan latar merah/biru, melainkan bisa menggunakan foto kasual dengan wajah yang tampak jelas dan tidak menggunakan filter berlebihan.

Boleh: Lakukan pengecekan kembali

Jangan lupa untuk mengecek kembali CV-mu, ada atau tidak salah ketik di dalamnya. Meski tampak sepele, typo ini mengurangi profesionalitasmu. Typo juga bisa saja menjadi penyebab kesalahan yang fatal, misalnya kesalahan info atau lamaran tidak terkirim ke penerima.

contoh daftar riwayat hidp

 

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut terdapat beberapa contoh daftar riwayat hidup yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

  1. Nama Lengkap : Joko Supeno
  2. Alamat : Jaranan, RT 02 RW 01 Ngadirejo, Kawedanan, Magetan, Jawa Timur
  3. Jenis Kelamin : Laki-laki
  4. Status Perkawinan : Belum Menikah
  5. Agama : Islam
  6. Nomor handphone : 0852-3262-xxxx
  7. Email : Joko.Suspen21@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL

2009 – 2013 : Universitas Malang

IPK : 3.5

PENGALAMAN KERJA

  1. 2013 : Indomart Bagian kasir, Surabaya
  2. 2015 : PT. Timur Kencana bagian administrasi, Jakarta Utara

Demikian mengenai daftar riwayat hidup ini saya buat sebenarnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

 

Joko Supeno

 

CURRICULUM VITAE

Data Pribadi

Nama : Almaira Tirta Chandara

Alamat : Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya

Nomor ponsel : 0817xxxxx

Status : Belum Menikah

Email : [email protected]

Pendidikan Formal

2004-2010 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya

2010-2013 Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Universitas Airlangga

Pendidikan Non Formal

Kursus Bahasa Inggris Di English First

Pelatihan dan Seminar

Pelatihan K3 Di RS Kariadi Semarang

Pelatihan ISO Dan Akreditasi RS di RS Hasan Sadikin Bandung

Seminar “Fungsi Endokrin” Di RS Soetomo Surabaya

Pengalaman Kerja

Dokter jaga UGD RSUD Dr Soetomo

Dokter Tetap Di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Unair Surabaya

Pemateri Di Seminar “ Menjaga Jantung Dengan Pola Makan Benar” Di RS DR Soetomo Surabaya

Dosen Terbang Di FK UDAYANA Bali

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Data Pribadi

Nama : Fatimatul Mualimah

Alamat : Perumahan Rapi Indah No. 28, Medan

No. HP : 0821xxx

Jenis Kelamin : Perempuan

Agama : Islam

Email : [email protected]

Pendidikan Formal

MTs Al-Hidayah Sondriyan

Ma Nurul Azhar Simo

Pengalaman Pekerjaan

Petugas Tata Usaha MA Nurul Azhar

Bekerja di Meubel Simo

Keahlian khusus

Operator komputer (Microsoft Word, Microsoft Excel, Admin, CMD)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya serta layaknya keadaan yang sebetulnya dialami.

Hormat saya,

 

Fatimatul Mualimah

Akhir Kata

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui tentang daftar riwayat hidup, termasuk contoh daftar riwayat hidup yang dapat kaltimtuntas.id sampaikan. Bagaimanapun, CV merupakan dokumen awal yang akan diseleksi saat kamu mendaftar sesuatu, jadi buat CV-mu sebaik mungkin ya.

Leave a Comment