Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja-Ketika ingin melamar bekerja di suatu instansi atau perusahaan, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen, salah satunya surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini menjadi dokumen penting dalam proses screening awalmu melamar kerja, jadi kamu perlu membuatnya sebaik mungkin. Berikut ini ulasan lengkap mengenai surat lamaran kerja, termasuk contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Surat lamaran pekerjaan dikirimkan oleh pelamar yang berniat bekerja di suatu instansi. Surat ini termasuk surat resmi dan bersifat formal, sehingga penulisannya tidak boleh asal-asalan. Terkadang ada instansi yang memberikan format penulisan surat lamaran lengkap dengan cara pengirimannya, namun ada pula yang tidak, sehingga kamu harus membuatnya sendiri.

Fungsi dan Tujuan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja biasanya ditujukan untuk HRD atau pimpinan perusahaan terkait. Berikut ini fungsi dan tujuan surat lamaran kerja.

Bukti bahwa pelamar mengajukan permohonan kerja

Dengan mengajukan surat lamaran kerja, artinya kamu mengajukan permohonan pekerjaan ke suatu instansi dengan kesadaran penuh. Ketika suratnya sudah sampai, surat tersebut akan dipelajari instansi terkait sebagai bahan pertimbangan kelolosanmu dalam seleksi.

Cara menyeleksi kandidat

Sebuah perusahaan biasanya menginginkan pekerja dengan kualifikasi tertentu, sesuai bidang pekerjaannya. Di sini lah surat lamaran pekerjaan berfungsi sebagai pembanding kualifikasi satu kandidat dengan kandidat yang lain.

Media seleksi yang efisien

Untuk perusahaan besar yang membutuhkan banyak pekerja, tentu proses seleksinya akan sangat lama. Dibandingkan mewawancarai semua pelamar, surat lamaran kerja dengan dokumen pendukung lain bisa menjadi dokumen awal yang diseleksi, sehingga menghemat waktu seleksi calon pekerja.

Isi dan Jenis Surat Lamaran Kerja

Materi surat lamaran pekerjaan yang akan ditulis perlu disusun secara sistematis. Hal utama yang harus dituliskan pada surat lamaran pekerjaan adalah permohonan pelamar untuk bisa diterima di instansi atau perusahaan tujuan. Selain permohonan, dalam surat lamaran kerja juga terdapat deskripsi diri secara singkat untuk menunjukkan potensi dan karakteristik pribadi. Surat lamaran kerja juga perlu dilengkapi dengan dokumen lain, seperti CV, pas foto, ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat pendukung lain.

Terdapat beberapa jenis surat lamaran kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya, ada dua jenis surat lamaran kerja yang digunakan, yakni model gabungan, berupa surat lamaran kerja dengan CV, dan model terpisah, berupa surat lamaran kerja yang terpisah dengan CV.

Kaidah Kebahasaan Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja bersifat formal dan disampaikan secara resmi, sehingga kamu harus memperhatikan kaidah bahasa yang digunakan. Pastikan kamu menulis surat lamaran kerja menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan PUEBI, mulai dari penggunaan tanda baca, huruf kapital, hingga singkatan kalau diperlukan. Sebaiknya jangan menggunakan banyak singkatan dalam surat lamaran kerja, karena itu membuatmu tampak tidak profesional. Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan informatif dalam surat tersebut.

Unsur-unsur Surat Lamaran Kerja

Pada surat lamaran kerja, terdapat unsur-unsur yang perlu kamu masukkan, antara lain:

  • Kepala surat
  • Lokasi, tempat, dan tanggal penulisan surat
  • Pihak yang dituju dan alamat lengkapnya
  • Salam pembuka
  • Pembuka surat/kata pengantar
  • Informasi perolehan lowongan pekerjaan
  • Tujuan surat lamaran
  • Lampiran dokumen persyaratan yang diminta instansi tujuan
  • Penutup
  • Tanda tangan dan nama terang

Jadi ketika kamu menulis surat lamaran kerja, pastikan kamu menulis unsur-unsur di atas ya.

contoh surat lamaran pekerjaan
sumber: popbela.com

Format Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang efektif tentunya memasukkan berbagai unsur di atas dengan format berikut ini.

Tanggal dan tempat penulisan surat

Pertama, tulis tempat dan tanggal surat lamaran kerja dengan lengkap. Posisi tanggal dan tempat ini ada di bagian kanan atas atau kiri atas surat lamaran kerja.

Tujuan, nama, dan alamat lengkap perusahaan

Untuk tujuan surat, kamu bisa tulis yang terhormat atau “Yth.” kemudian dilanjutkan dengan jabatan penerima surat lamaran kerja. Akan lebih baik kalau kamu sudah tahu dengan jelas siapa yang menerima surat lamaran tersebut supaya terasa lebih personal. Pada bagian bawah tujuan surat, tuliskan nama dan alamat lengkap perusahaan tersebut.

Salam pembuka dan kata pengantar

Sebelum kamu menulis bagian isi surat lamaran kerja, tulis dahulu salam pembuka dan kata pengantarnya. Gunakan salam pembuka seperti “Dengan hormat”  yang bersifat universal dan umum digunakan. Setelah itu, kamu bisa langsung menulis dari mana kamu mengetahui sumber informasi lowongan pekerjaan tersebut.

Data Diri

Selanjutnya menulis identitas diri sebagai perkenalan. Tuliskan informasi penting, seperti nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat email, dan nomor ponsel atau nomor WhatsApp yang aktif.

Pengalaman kerja atau keterampilan lain

Setelah data diri, kamu perlu menuliskan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki. Tuliskan secara singkat saja, dan jelaskan sisanya pada CV. Usahakan menuliskan keterampilan yang relevan terhadap pekerjaan yang kamu lamar, sehingga meningkatkan nilaimu di hadapan perekrut.

Lampiran surat lamaran kerja

Sebagai pendukung pengalaman kerja dan keterampilan yang kamu tuliskan, maka lampirkan dokumen-dokumen tersebut sebagai bukti. Dokumen pendukung tersebut menjadi nilai tambah untukmu. Berkas yang biasanya dibutuhkan sebagai lampiran surat lamaran kerja adalah daftar

Penutup surat

Selanjutnya, jangan lupa menulis penutup surat lamaran kerja. Penutup surat bisa berisi harapan supaya diterima dan ditutup dengan ucapan terima kasih. Jangan lupa cantumkan tanda tangan dan nama lengkap di bagian paling akhir surat.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan ketika membuat surat lamaran kerja. Berikut selengkapnya.

Mencari Infromasi Terkait Perusahaan Tersebut dan Posisi Yang Akan Kita Tempati

Supaya surat lamaran kerjamu tampak baik, ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu terkait dengan perusahaan tersebut dan posisi yang akan kamu lamar. Dengan demikian, kamu dapat menulis keterampilan yang paling sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Agar mengetahui lebih jelas terkait perusahaan yang akan kamu lamar tersebut, maka ada baiknya anda mencari informasi terkait perusahaan tersebut. Di era digital ini tidaklah sulit untuk mencari infromasi seperti pada mesin pencari, bahkan sosial media seperti Facebook dan sebagainya.

Melampirkan Kelebihan Yang Kita Miliki

Karena kamu tengah berkompetisi dengan banyak orang, maka kamu harus melampirkan kemampuan atau skill yang anda miliki dalam surat lamaran kerja tersebut.

Menurut The Balance Careers, kamu perlu menuliskan contoh yang lebih spesifik lagi terkait keterampilanmu bisa memenuhi persyaratan dari posisi yang dilamar, akan lebih baik kalau kamu menuliskan bagaimana keterampilan itu bisa memajukan perusahaan.

Tidak terlalu panjang dan bertele-tele

Rekruter tentunya memiliki waktu yang tidak panjang untuk menyeleksi semua dokumen, karena ada batas waktu yang ditetapkan perusahaan. Oleh karena itu, surat lamaran kerja harus dengan detail dan ringkas pastinya. Jadi tulislah surat lamaran kerja dengan kalimat efektif yang tidak terlalu panjang, maksimal satu halaman. Supaya nyaman dilihat, gunakan jenis huruf yang biasa digunakan secara resmi contohnya saja Arial, Times Ner Roman atau Calibiri, sedangkan untuk ukuran anda dapat memilih 10 atau 12.

Menggunakan bahasa profesional

Bahasa profesional di sini maksudnya bahasa Indonesia yang sesuai dengan PUEBI, bukan bahasa gaul yang digunakan sehari-hari. Sebisa mungkin hindari singkatan seperti yang anda pergunakan swaktu chat dengan teman misalkan saja org, utk dan berbagai singkatan lainnya yang biasa digunakan dalam pesan singkat. Kalau kamu menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, pastikan kamu menggunakan bahasa Inggris yang formal dan profesional.

Melakukan penyuntingan

Setelah selesai menulis surat lamaran kerja, jangan lupa untuk membacanya kembali dan melakukan pengeditan. Penyuntingan ini penting untuk mengecek apakah ada typo, kesalahan pemilihan kata, atau kesalahan lain yang fatal dan membuat surat lamaranmu terabaikan. Kalau perlu, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mengecek surat lamaran kerjamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Sebagai referensimu dalam menulis surat lamaran kerja, yuk simak berbagai contoh surat lamaran kerja berikut.

Contoh surat lamaran kerja magang

Hal: Lamaran Kerja Magang, Junior Content Writer

Yang terhormat Bapak/Ibu Pimpinan PT….

di Tempat,

Sebelumnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri.

  • Nama                           :……
  • Tempat, tanggal Lahir   :…..
  • Pendidikan terakhir       :……

Berdasarkan sebuah iklan lowongan kerja yang terdapat pada situs loker.co.id (contoh), saya ingin mendaftarkan diri untuk posisi magang Junior Content Writer di PT…..

Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai freelance Writer di perusahaan media BBM selama 6 bulan. Saya juga kini aktif menulis artikel dan konten di blog resmi BEM Universitas. Tentunya, kedua pengalaman ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Selain itu, saya juga tertarik dengan program master mentorship yang akan dipandu secara langsung oleh para penulis aktif di PT…..

Saya yakin bahwa ilmu dan pengalaman yang menanti dapat membentuk saya sebagai seorang Content Writer yang andal. Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa dokumen yang diajukan dalam iklan lowongan:

  • CV
  • Fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa
  • Surat Referensi dari Media BBM
  • Portofolio Penulisan
  • Surat Izin Magang dari Kampus

Demikian surat lamaran kerjanya. Semoga Bapak/Ibu hendak mempertimbangkan saya sebagai pegawai magang Junior Content Writer baru di PT….

Apabila ada pertanyaan, Bapak/Ibu dapat menghubungi saya via email ini. Atas waktu dan perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

(nama lengkap)

Contoh surat lamaran kerja untuk  fresh graduate

Hal: Lamaran pekerjaan

Kepada

HRD Manager PT…..

di tempat,

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan di media sosial XYZ,  saya melihat bahwa PT….. sedang membutuhkan ahli untuk posisi Content Writer. Dengan demikian, dalam surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi tersebut. Berikut data pribadi saya:

  • Nama                           :……
  • Tempat, Tanggal Lahir :……
  • Pendidikan Terakhir     :……
  • Telepon                       : 0811666xxx
  • Email                           : …..@namaemail.com

Sebelumnya, saya memiliki pengalaman magang sebagai Junior Content Writer pada media BBM selama 3 bulan dan Contributing Writer di PTxxxx dalam 1 tahun terakhir. Saya juga pernah aktif menulis artikel di mading kampus, sebagai Main Writer untuk Departemen Kreatif dan Seni, BEM Universitas Ternama dalam kurun waktu 6 bulan.

Berikut saya lampirkan berbagai dokumen sebagai bahan pertimbangan:

  • CV Terbaru
  • Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi sertifikat kursus dan pelatihan
  • Pas foto terbaru 3×4
  • Fotokopi SKCK
  • Portofolio Penulisan

Itulah surat permohonan pekerjaan dari saya. Semoga bapak/ibu memberikan saya kesempatan wawancara agar saya bisa memberitahukan kemampuan lainnya yang saya miliki.

Terimakasih atas perhatiannya.

Hormat Saya,

(Nama lengkap)

Contoh surat lamaran kerja via email

From: xxxx@namaemail.com

To : hrd@xxxxxxx

Cc : –

Subject : Surat Lamaran Kerja Content Writer

Dengan hormat,

Perkenalkan saya,

  • Nama                           :……..
  • Usia                             :…….
  • Jenis Kelamin              : Laki-Laki
  • Pendidikan Terakhir     : S1 Ilmu Komunikasi
  • No. Telepon                 : 0811666xxx

Dengan surat ini, saya melamar di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai posisi Content Writer.

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai Content Writer selama 3 tahun di 2 perusahaan media yang berbeda. Saya bisa menciptakan copy untuk campaign iklan dan mahir menciptakan artikel dengan topik lifestyle. Selain itu, saya juga memiliki sertifikasi resmi terkait content writing dan SEO yang didapatkan dari ConSEOminar pada April 2021 silam.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan beberapa dokumen penting berikut:

  • CV Terbaru
  • Portofolio Penulisan
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Scan Ijazah Terakhir
  • Pas Photo format .jpeg (1 file)
  • Sertifikasi dan Bukti Penghargaan

Demikian surat lamaran kerjanya. Saya berharap Bapak/Ibu di tempat dapat memberikan saya kesempatan untuk menempati lowongan tersebut.

Hormat saya,

(Nama lengkap)

Contoh surat lamaran kerja berpengalaman

Kalau kamu sudah memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja berikut sebagai referensi. Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi yang kamu peroleh di tempat kerja sebelumnya supaya surat lamaran kerjamu semakin meyakinkan. Perhatikan contoh surat lamaran kerja untuk yang sudah berpengalaman di bawah ini.

Jakarta, 7 Juni 2021

Perihal: Lamaran Kerja

Kepada Yth

HRD Manager PT. XYZ

di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi dari website CDE pada tanggal 1 Juni 2021, saya melihat bahwa PT XYZ membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai staf pemasaran atau marketing di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut data diri saya:

  • Nama                           :…….
  • Tempat, tanggal lahir    :……
  • Pendidikkan terakhir     : S1 jurusan X
  • Alamat                         :…….
  • Telepon/HP                  : 0812XXXX

Saya memiliki pengalaman selama lima tahun di posisi staf pemasaran dan di industri yang sama dengan PT. XYZ.  Selain itu, saya juga fasih berbahasa Inggris dan dapat bekerja di dalam tim maupun secara individu.

Dengan maksud melengkapi data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan kelengkapan data yang dibutuhkan:

  • Fotokopi KTP
  • Foto ukuran 3 x 4
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi surat pengalaman kerja
  • Fotokopi SKCK
  • Daftar Riwayat Hidup

Besar harapan saya untuk dipanggil untuk mengikuti tahap wawancara sehingga dapat menjelaskan potensi dan kemampuan yang saya miliki dengan lebih detail.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu HRD Manager, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama lengkap)

Setelah menulis surat lamaran kerja dengan baik, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali pada surat lamaran kerja yang ditulis. Pastikan juga semua lampiran disiapkan dengan baik dan tidak ada yang tertinggal. Semioga semua contoh surat lamaran kerja di atas bisa membantumu ya.

Leave a Comment