Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Deskripsi-Bagi para pelajar mungkin sering diminta untuk membuat teks deskripsi oleh guru mereka. Bagi yang belum tahu pengertian, contoh dan cirinya mungkin akan merasa kesulitan dalam menyelesaikan tugas tersebut. Untuk itu pada ulasan kali ini, kami akan mencoba menjabarkan kepada anda mengenai teks deskripsi ini, seperti contoh maupun kaidahnya.

Teks deskripsi merupakan teks yang ditulis untuk menggambarkan kondisi atau keadaan yang sebenarnya kepada pembaca. Dalam teks deskripsi, kamu perlu menuliskan secara detail mengenai sesuatu yang ingin disampaikan untuk memberikan gambaran kepada pembaca. Untuk bisa menulis teks deskripsi dengan baik, kamu perlu memperhatikan berbagai hal terkait teks deskripsi. Berikut ulasan mengenai pengertian hingga contoh teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Para ahli sendiri telah memberikan pengertian terkait teks deskripsi ini. Berikut pengertian mengenai teks deskripsi menurut beberapa ahli.

Suwarna

Suwarna (2012) mendefinisikan teks deskripsi sebagai kumpulan paragraf tentang objek atau tempat tertentu. Untuk memperoleh data dan kumpulan informasi tersebut, dibutuhkan pengalaman yang melibatkan panca indera yang meliputi mata, hati, telinga, kulit dan pengecapan.

Dalman

Dalman (2009) menyampaikan bahwa teks deskripsi merupakan ragam wacana yang menjabarkan atau menggambarkan sesuatu berdasarkan pengalaman maupun perasaan penulis. Hasil teks deskripsi akan melahirkan daya cipta dan daya khayal untuk pembaca. Ketika membaca teks deskripsi yang bagus, pembaca menjadi ikut merasakan, mendengar, melihat dan mengalami hal yang dialami oleh penulis.

Sujanto

Menurut Sujanto (1998) teks deskripsi merupakan upaya penulis untuk memaparkan tentang persepsi yang diperoleh panca indera. Semakin menarik penggambaran teksnya, semakin besar daya minat dan daya paham si pembaca.

Berdasarkan berbagai pendapat ahli di atas, kamu dapat mengetahui bahwa teks deskripsi merupakan teks yang dibuat untuk menyampaikan pengalaman penulis, yang dituangkan dalam sebuah kalimat agar lebih mudah dinikmati oleh pembaca yang sarat makna dan pembelajaran.

Teks deskripsi bisa digunakan untuk menuliskan tentang makhluk hidup atau benda mati, namun harus detail dan rinci. Dari kelengkapan informasi inilah, pembaca bisa berimajinasi, mendapatkan ide, hingga merasakan apa yang ditulis oleh si penulis.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dari jenis teks lain. Berikut ini ciri-ciri teks deskripsi yang perlu kamu kenali.

Menggambarkan sesuatu

Teks deskripsi ditulis untuk menggambarkan situasi dan suasana yang dirasakan penulis. Supaya gambaran yang dituliskan bisa dirasakan betul oleh pembaca, maka proses penulisan melibatkan laporan pandangan mata penulis dan menuliskan perasaan dari si penulis.

Menjelaskan secara detail

Teks deskripsi menuliskan secara detail mengenai informasi tentu, baik itu informasi berupa data ataupun informasi dari pengamatan panca indera, kemudian ditulis sedetail dan selengkap mungkin. Dengan demikian, pembaca bisa mengetahui kondisi, situasi, dan perasaan penulis melalui teks deskripsi.

Mengajak pembaca untuk merasakan

Tujuan akhir teks deskripsi adalah mengajak pembaca bisa merasakan apa yang dituliskan. Jadi ketika kamu berhasil untuk mengajak pembaca merasakan apa yang kamu tulis, itu berarti bahwa tujuanmu menulis teks deskripsi sudah berhasil.

Ditulis secara singkat tetapi rinci

Teks deskripsi biasanya ditulis menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas namun tetap rinci. Untuk menghasilkan tulisan seperti itu, kamu bisa menggabungkan data dan pengamatan dari panca indera.

Mempunyai ciri fisik objek

Kalau kamu mendeskripsikan suatu objek, kamu perlu menuliskan ciri fisik objek tersebut. Misalnya ketika mendeskripsikan sebuah objek bentuk, kamu perlu menggambarkan bentuk objek itu dengan lengkap dan detail. Kelengkapan informasi ini yang mendorong pembaca untuk bisa mengimajinasikan benda itu secara sempurna.

Bersifat factual

Maksud faktual di sini adalah teks deskripsi ditulis berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan. Dengan demikian, teks deskripsi bukan karya sastra yang hanya mengandalkan imajinasi dan subjektifitas, melainkan berdasarkan data dan fakta yang ditemukan dilapangan.

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup

struktur teks deskripsi

Struktur Teks Deskripsi

Menulis teks deskripsi tidak cukup dengan mengenali ciri-cirinya, melainkan juga perlu mengetahui strukturnya. Dengan mengetahui struktur teks deskripsi, kamu akan lebih mudah untuk menulis teks deskripsi. Menurut Pardiyono (2007) ada dua struktur yang penting ada dalam teks deskripsi, yakni struktur identifikasi dan deskripsi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Struktur identifikasi

Tahap identifikasi bisa dikatakan merupakan tahap yang paling utama, paling penting, dan mendasar yang harus disiapkan sebelum merangkai teks deskripsi. Di tahap ini, kamu perlu menjelaskan identitas objek yang akan dituliskan. Struktur identifikasi mempunyai bagian yang perlu diperhatikan, seperti membuat pernyataan mengenai objek yang akan ditulis dan mempelajari pernyataan yang paling menarik.

Namun bagaimana pernyataan yang menarik itu? Pernyataan ini berisi kalimat yang bisa mendorong pembaca untuk membaca teks deskripsi lebih lanjut. Selain itu, struktur identifikasi juga memiliki detail lain berupa penggunaan kata sifat perbandingan atau degree of comparison.

Struktur deskripsi

Kategori detail bagian deskripsi yang ditulis bisa dengan memberikan gambaran mengenai kondisi atau situasi objek. Misalnya kamu menggambarkan mengenai lokasi kuliner, kamu bisa menulis tentang kondisi cuaca saat itu, banyaknya jumlah pengunjung, dan sebagainya. Dalam deskripsi, kamu perlu melibatkan penggunaan kata sifat atau adjektiva sebagai ilustrasi kondisi objek.

Sedangkan menurut Mahsun (2014), struktur teks deskripsi terbagi menjadi beberapa bentuk sebagai berikut.

Judul

Seperti pada jenis teks lainnya, penulisan judul dalam teks deskripsi menjadi cerminan atau ringkasan singkat dari teks deskripsi dan objek yang dideskripsikan di dalamnya.

Deskripsi umum

Pada bagian deskripsi umum, kamu perlu memaparkan tentang definisi secara umum terhadap objek yang kamu tulis. Bagian ini penting untuk membuat pembaca tertarik dengan deskripsi yang kamu tulis.

Deskripsi bagian

Deskripsi bagian berfungsi sebagai kalimat untuk mengklasifikasikan objek yang tengah kamu tulis. Terkait dengan pengklasifikasian, penulis juga harus menjabarkan secara rinci. Rincian tidak selalu dalam bentuk kata, tetapi juga bisa dalam bentuk gambaran-gambaran yang lebih jelas.

Kedua struktur teks deskripsi di atas sama-sama benar kok. Kamu bisa memilih bagian mana yang paling sesuai dan paling mudah untuk kamu tulis.

Kaidah kebahasaan teks deskripsi

Teks deskripsi mempunyai kaidah kebahasaan yang menjadi ciri khasnya. Berikut ini kaidah kebahasaan yang biasanya digunakan pada teks deskripsi.

  1. Memiliki kata benda sesuai dengan topik yang dideskripsikan, misalnya sekolah, rumah, keluargaku, guruku, teman saya, dan sebagainya.
  2. Memakai frasa yang mengandung kata benda, misalnya DKI Jakarta merupakan ibu kota Republik Indonesia yang terletak di Pulau Jawa.
  3. Memiliki kata sifat yang bersifat menggambarkan, misalnya seekor kucing dengan bulu berwarna hitam putih.
  4. Memiliki kata kerja transitif untuk memberikan informasi subjek, misalnya siswa itu mengenakan seragam putih biru dengan sepatu hitam.
  5. Memiliki kata kerja, baik perasaan maupun pendapat, hal ini bertujuan agar mengungkapkan pandangan pribadi penulis mengenai objek, misalnya saya pikir kucing saya merupakan kucing yang cerdas.
  6. Mengandung kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai objek.
  7. Mengandung bahasa kiasan yang berupa perumpamaan atau metafora.

Beberapa jenis teks deskriptif

Berdasarkan isi teksnya, terdapat beberapa jenis teks deskripsi yang bisa dibuat. Berikut ini beberapa jenis teks deskripsi yang perlu kamu ketahui.

  • Deskripsi subjektif

Teks deskripsi subjektif menggambarkan suatu objek berdasarkan kesan atau opini dari penulis terhadap objek tersebut.

  • Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial merupakan teks deskriptif yang hanya menggambarkan objek tertentu, misalnya tempat, ruangan, atau suatu benda.

  • Deskripsi objektif

Teks deskripsi objektif menggambarkan objek sesuai dengan kondisi sesungguhnya, tanpa ada penyampaian opini penulis.

  • Deskripsi imajinatif

Teks deskripsi imajinatif berisi tentang gambaran suatu tempat berlangsungnya kejadian tertentu. Penggambaran tempat tersebut harus disampaikan dari berbagai sudut pandang sehingga pembaca bisa menggambarkan tempat tersebut dengan baik dalam pikirannya.

  • Deskripsi faktual

Teks deskripsi faktual menggambarkan objek tertentu yang dituliskan dengan apa adanya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan yang sesungguhnya.

Langkah menulis teks deskripsi

Dalam menulis teks deskripsi, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan sehingga bisa menyusun teks deskripsi itu dengan baik. Berikut tahapan-tahapan untuk menulis teks deskripsi.

Pertama, kamu harus memilih topik yang akan dijadikan sebagai dasar untuk penggambaran dalam teks. Lakukan pengamatan pada objek yang ingin kamu deskripsikan, termasuk juga pengumpulan data-data terkait objek tersebut.

Setelah datanya terkumpul, kamu bisa menetapkan pola pengembangan paragraf yang sesuai, kemudian menyusun kerangka paragraf yang terdiri dari gagasan awal. Kamu harus mengembangkan kerangka paragraf menjadi paragraf yang utuh dan dirangkai menggunakan kalimat yang padu dan logis.

Pemberian judul bisa kamu lakukan di awal atau di akhir penulisan.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Deskripsi

Untuk menguatkan pemahamanmu tentang teks deskripsi, yuk simak beberapa contoh teks deskripsi berikut ini.

Judul: Tari Saman

Identifikasi: Tari Saman tercatat sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia sejak 24 November 2011 di UNESCO. Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan dan dibawakan oleh laki-laki. Tarian ini mengandung makna pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Deskripsi bagian: Penari Saman berjumlah ganjil. Tarian dibawakan sambil menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur bahasa Arab. Gerakan penari Saman juga diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan, tepuk tangan, tepuk dada, dan tepuk paha penari. Dalam bahasa Gayo, gerak dalam tari ini disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring.

Deskripsi bagian: Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi menjadi tiga bagian. Pada bagian kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.

Penutup: Penggunaan nyanyian, gerakan, hingga kostum penari pada Tari Saman sangat penting karena mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas budaya, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan dari para penari.

Akhir Kata

Jadi sekarang sudah lebih paham bukan mengenai teks deskripsi? Hal yang penting ketika menulis teks deskripsi adalah kamu menuliskan objekmu dengan detail dan rinci sehingga pembaca bisa berimajinasi, mendapatkan ide, hingga merasakan apa yang kamu tulis. Cukup sekian saja kaltimtuntas.id sampaikan terkait dengan teks deskripsi, semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment